• English
  • Bahasa Indonesia

Komisi II Setujui Usulan Pagu Anggaran Bawaslu Tahun 2016

Rapat dengar pendapat (RDP) lanjutan dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu RI), dan Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) di Ruang sidang Komisi II DPR Senayan Jakarta, Jum’at (23/10).

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Komisi II DPR RI kembali melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) lanjutan dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu RI), dan Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) di Ruang sidang Komisi II DPR Senayan Jakarta, Jum’at (23/10).

RDP yang dihadiri Ketua dan Sekjen Bawaslu ini membahas tentang rincian alokasi anggaran tahun 2015 berdasarkan program kegiatan dan jenis belanja beserta tingkat penyerapan anggaran serta pagu anggaran tahun 2016.

Pada kesempatan ini Ketua Bawaslu, Muhammad memaparkan beberapa arah kebijakan Bawaslu tahun 2016 antara lain pembinaan dan supervisi pengawasan tahapan pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun 2017. Pembinaan dan supervisi penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa melalui pemantapan sentra Gakkumdu dalam pengawasan pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun 2017.

Selanjutnya pengembangan dan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif, peningkaatan kapasitas pengawas Pemilu, pembentukan dan pembinaan kelembagaan pengawasan pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, sinkronisasi peraturan pengawasan dan pengelolaan dana hibah pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

‘’Pemantapan organisasi Sekretariat Jenderal Bawaslu RI dan Provinsi serta pemantapan penegakan kode etik penyelenggara Pemilu juga salah satu yang difokuskan Bawaslu pada tahun 2016,’’tambah Muhammad.

Pada akhir rapat, Komisi II DPR RI membuat kesimpulan untuk Bawaslu yaitu Komisi II dapat menyetujui usulan pagu alokasi anggaran Bawaslu tahun 2016 sebesar Rp. 446. 928.781.000 untuk ditetapkan sebagai alokasi anggaran pagu definitif tahun 2016, dan mengamanatkan anggota badan anggaran Komisi II DPR RI untuk menindaklanjuti dalam pembahasan di Banggar DPR RI.

Penulis : Irwan

Editor   : Ali Imron

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu