• English
  • Bahasa Indonesia

Ketua Bawaslu: Intimidasi pada Panwas Meningkat Jelang Hari H

Ketua Bawaslu Muhammad memberi sambutan pada nota kesepakatan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) dan serta kesepakatan bersama antara KPU, Bawaslu dan KPI tentang pengawasan dan pemantauan pemberitaan, penyiaran dan iklan kampanye melalui lembaga penyiaran,di Jakarta, Kamis (8/10). Ia menghimbau agar media menjadi payung teduh menyebarkan informasi pemberitaan penyelenggaraan pilkada 2015.

Jakarta, Badan Pengawas PemiluDi sela-sela sambutannya dalam penandatanganan rapat koordinasi sentra gakkumdu, di Jakarta, Kamis (8/10), Ketua Bawaslu Muhammad menyampaikan bahwa ada beberapa jajarannya yang mendapat intimidasi bahkan kekerasan saat melaksanakan tugasnya.

“Suhu politik pilkada sudah mulai memanas, tak jarang jajaran kami mendapat intimidasi dan kekerasan. Seperti yang terjadi di Pangkep, ada anggota kami yang dipukuli,” ujar Muhammad.

Keluhan itu, disampaikan Muhammad di depan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal (Pol) Badrodin Haiti dan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) Basuni Masyaarif. Sebelumnya, di beberapa daerah, Panwas yang melaksanakan tugasnya mendapat intimidasi akibat keputusan atau rekomendasi yang dikeluarkannya tidak disukai oleh pihak-pihak tertentu sehingga muncul tindakan tersebut. Ia berharap Kapolri dapat merespon keluhan dari Ketua Bawaslu itu.

“Biasanya Kapolri selalu bereaksi positif ketika ada jajaran kami yang membutuhkan keamanan saat melaksanakan tugasnya sebagai pengawas pilkada. Kami harapkan hal serupa terjadi kali ini,” tambah Muhammad.

Sementara itu, Kapolri mengatakan dalam segi pengamanan Pilkada pihaknya sudah bersiap mengantisipasi berbagai macam kemungkinan intimidasi dan konflik yang mungkin terjadi akibat dari pelaksanaan pilkada.

“Kami meminta agar ada kerjasama dengan jajaran penyelenggara Pilkada tentang adanya kerawanan. Pasalnya, pilkada memang sangat rawan konflik,” jelasnya.

 

Penulis : Falcao Silaban

Foto     : Hendru Wijaya

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu