• English
  • Bahasa Indonesia

Kampanye Terbuka Kosong Substansi

altJAKARTA, BAWASLU-- Kampanye terbuka partai politik (parpol) yang telah seminggu berlalu, dinilai kosong dari substansi karena, kampanye tersebut hanya berisi hiburan saja, tanpa ada penyampaian visi misi, dan platform partai yang akan diperjuangkan nantinya.

"Ruang dan panggung kampanye terbuka ternyata tidak dipergunakan secara efektif dalam mengkomunikasikan ide-ide berupa visi misi, dan program partai untuk lima tahun ke depan," kata Direktur Ekesekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti kepada wartawandi Jakarta, Senin malam (24/3/2014).

Ray menyayangkan, kampanye terbuka lebih banyak didominasi oleh kegiatan hiburan semata. Bukan berupa kegiatan yang lebih menitikberatkan kepada pembangunan komitmen bersama untuk Indonesia yang lebih baik selama lima tahun ke depan.
"Kampanye lebih kepada kegiatan entertain seperti kuis, nyanyian, dan joget," ujarnya.
Oleh karena itu, ia mengingatkan, tujuan kampanye adalah untuk penyampaian visi, misi, dan program masing-masing parpol sebagaimana tercantum dalam pasal 81 ayat 1 Undang-undang (UU) Nomor 8 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pemilu.

"Kita seperti dirugikan oleh kegiatan atas nama kampanye tapi substansi visi misi program tidak tersosialisasi," katanya.

Selain itu, lanjutnya, seringkali terjadi pelanggaran dalam kampanye terbuka. Misalnya, pelibatan anak-anak, pelanggaran lalu lintas dalam konvoi kampanye, maraknya praktek money politic, dan pelanggaran peletakan alat peraga kampanye. "Jadi, jika ada panggung kampanye atau izin kampanye yang ternyata prakteknya lebih kepada hiburan semata, akan lebih baik hal itu dihentikan oleh KPU ataupun Bawaslu," lanjutnya.

Dia mengimbau agar di sisa waktu selama dua minggu ke depan pelaksanaan kampanye terbuka, parpol benar-benar mengisi dengan visi, misi, dan program untuk Indonesia yang lebih baik.

 

Penulis : MKD

Editor : R Monang Silalahi 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu