• English
  • Bahasa Indonesia

Gebyar Sosialisasi Akbar Pengawasan Pemilu Partisipatif Sukses Digelar

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama Ketua Bawaslu RI Muhammad, Ketua KPU RI Juri Ardiantoro dan Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswantoro mengikuti kegiatan Jalan Sehat dari Gedung Bawaslu menuju Bundaran Hotel Indoensia, Jakarta, Minggu (14/8)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Bawaslu Republik Indonesia sukses menggelar Gebyar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Minggu, 14 Agustus 2016. Acara yang dihelat di depan Kantor Bawaslu RI Jalan MH Thamrin 14 Jakarta Pusat hingga Bundaran Hotel Indonesia itu dimeriahkan oleh perwakilan dari Bawaslu Provinsi seluruh Indonesia dan dihadiri oleh puluhan ribu pengunjung yang bersama-sama menandatangani spanduk Tolak Politik Uang.

 

Gebyar Sosialisasi Akbar Pengawasan Pemilu Partisipatif merupakan salah satu cara Bawaslu untuk mengenalkan dan menyosialisasikan Pengawasan Pemilu Partisipatif kepada masyarakat. Bawaslu juga meluncurkan Pengawasan Pemilu Berbasis Sistem Informasi dan Teknologi dengan mengenalkan Aplikasi GOWASLU pada acara tersebut.

 

“Diharapkan dengan Gebyar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif ini, Bawaslu semakin dekat dengan masyarakat. Sehingga pengawasan pemilu tidak hanya menjadi perhatian Bawaslu, tetapi juga menjadi milik dan perhatian masyarakat,” kata Ketua Bawaslu RI, Muhammad dalam sambutannya.

 

Semua pemangku kepentingan yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu turut hadir dalam Gebyar Sosialisasi tersebut. Mulai dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan beberapa pejabat dari Kementerian Dalam Negeri, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshidiqie, Ketua dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), perwakilan dari Kepolisian Republik Indonesia, Kejaksaan Agung, Mahkamah Konstitusi dan Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Birokrasi.

 

Tak hanya Kementerian/Lembaga Negara, Gebyar Sosialisasi juga diramaikan dengan partisipasi Lembaga Swadaya Masyarakat dan penggiat pemilu seperti Perludem, Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) dan beberapa pemerhati pemilu lainnya.

 

Rangkaian kegiatan Gebyar Sosialisasi diawali dengan Senam Sehat bersama yang diikuti semua peserta dan masyarakat yang hadir. Selanjutnya, semua peserta mengikuti Fun Walk menyusuri Jalan MH Thamrin menuju Bundaran HI dan kembali ke Kantor Bawaslu. Acara dilanjutkan dengan peluncuran Aplikasi GOWASLU, orasi kebangsaan dan dialog tentang Pilkada Bersih dan Berintegritas.

 

Mendagri dan Pimpinan lembaga yang hadir juga menyambangi stand pameran yang menampilkan hasil pengawasan dan gambaran kerja pengawasan pemilu yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI. Setiap stand pameran menonjolkan kreatiftasnya masing-masing. Stand Bawaslu Provinsi terlihat meriah dengan hiasan khas provinsi masing-masing disertai tampilan baju adat, makanan khas dan ornament-ornamen khas setiap provinsi.

 

Sekretariat Jenderal Bawaslu RI yang terdiri atas empat divisi juga tidak kalah kreatif. Keempat divisi yang terdiri atas Divisi Humas dan Sosialisasi, Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa dan Penindakan Pelanggaran, Divisi Pengawasan, serta Divisi SDM dan Keuangan juga berupaya mengenalkan kepada masyarakat tentang fungsi pengawasan Bawaslu. Untuk menggait anak muda dan pemilih pemula, Bawaslu membuat photobooth dengan tema Sentra Gakkumdu dan Instawaslu.

 

Acara yang dimulai pukul 06.00 hingga 11.00 WIB itu berjalan meriah. Antusiasme pengunjung terlihat dari setiap stand dan titik utama acara. Membuncah harapan agar pengawasan pemilu tidak hanya menjadi pekerjaan Bawaslu, namun juga menjadi tanggung jawab semua warga Indonesia. Sehingga pemilu demokratis yang dicita-citakan bisa dicapai dengan optimal.

 

Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia.

 

 

Penulis/Foto : Ira Sasmita/Wisnu Broto

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu