• English
  • Bahasa Indonesia

Finalisasi Modul Bimtek Bawaslu Provinsi dalam Rangka Pilpres 2014

altBogor, Badan Pengawas Pemilu– “Pilpres tiga kali lebih gawat daripada pileg.” Begitulah pernyataan Ketua Bawaslu RI, Muhammad, saat membuka rapat finalisasi modul bimtek provinsi dalam rangka pilpres 2014. Rapat yang diselenggarakan oleh Bagian SDM dan TUP Bawaslu RI pada Sabtu-Senin (12-14/4) di Sahira Butik Hotel, Bogor, dihadiri pula oleh pimpinan Bawaslu RI, Nelson Simanjuntak.

Dalam sambutan pembukaannya Muhammad menekankan netralitas dan integritas pengawas pemilu dalam melaksanakan tugasnya. Ia berjanji akan hadir sebagai pemateri dalam acara bimbingan teknis tersebut untuk mendoktrin para peserta. Komitmen ini dimotori oleh banyaknya kasus pelanggaran yang dilakukan oleh pengawas Pemilu ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Delapan buah modul bimtek yang akan diselesaikan adalah: 1. Komitmen Belajar; 2. Nilai-nilai dasar pengawas Pemilu; 3. Tata kelola Bawaslu Provinsi; 4. Tata kelola penyelenggaraan Pemilu presiden dan wakil presiden; 5. Tata kelola pengawasan Pemilu presiden dan wakil presiden; 6. Hubungan kelembagaan dan kehumasan dalam mendorong pengawasan partisipatif; 7. Prosedur penanganan pelanggaran; dan 8. Kajian penanganan pelanggaran.

Muhammad mengharapkan bimtek ini tidak hanya sekedar bimtek, tapi benar-benar bisa melahirkan pengawas pemilu yang netral,  berintegritas, dan lebih menguasai peraturan daripada peserta Pemilu dan penyelenggara Pemilu yang lain.

 

Penulis : M. Agus Saifuddin

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu