• English
  • Bahasa Indonesia

CPNS Bawaslu Diminta Segera Bekerja untuk Dukung Pengawasan Pemilu

Jakarta, Bawaslu – Setelah melalui proses dan tahapan seleksi ketat yang diselenggarakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) beberapa bulan lalu, sebanyak 32 orang calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dinyatakan lulus seleksi mengikuti orientasi di Gedung Bawaslu, Jl. M. H. Thamrin, Jakarta, Senin (3/2).

CPNS yang mengikuti orientasi itu diminta segera beradaptasi dengan cepat dalam rangka mendukung pengawasan proses dan tahapan Pemilu yang sedang berjalan. “Banyak hal baru yang akan dipelajari di lembaga ini. Kami berharap anda segera beradaptasi, dan disiplin dengan tugas dan pekerjaan yang ada di Bawaslu,” kata Ketua Bawaslu, Muhammad, menyambut kedatangan CPNS Bawaslu.

Hadir dalam orientasi tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Bawaslu, Gunawan Suswantoro, Kepala Biro Hukum, Humas, dan Pengawasan Internal (H2PI), Jajang Abdullah, Plt. Kepala Biro Administrasi, Dermawan A. Santoso, dan Kepala Biro Administrasi DKPP, Ahmad Khumaidi.

Menurut Muhammad, mereka yang lulus sebagai CPNS Bawaslu yang jumlahnya 32 orang sudah merupakan hasil seleksi yang sangat ketat. Dari hasil ujian, mereka dinilai memiliki perolehan nilai yang cukup tinggi, dan lulus standar nasional dalam proses perekrutan CPNS.

Muhammad menegaskan, dalam proses perekrutan CPNS di Bawaslu, mereka yang lulus sama sekali tidak ada yang dibantu oleh unsur pimpinan maupun pejabat di jajaran Sekretariat Jenderal Bawaslu. Semua CPNS yang lulus tersebut, murni hasil kerja keras mereka saat mengikuti ujian.

CPNS yang mengikuti masa orientasi itu dinyatakan lulus murni. “Karena anda masuk ke Bawaslu tanpa menggunakan uang sepeser pun, maka ketika menjalankan tugasnya di Bawaslu, anda juga tidak boleh menerima uang yang bukan milik anda,” tutur Muhammad, mengingatkan.

Hal yang sama juga dibenarkan Sekjen Bawaslu, Gunawan Suswantoro. Menurutnya, proses perekrutan CPNS di lingkungan Sekretariat Jenderal Bawaslu itu berlangsung secara murni, dan menjadi barometer dalam perekrutan CPNS Bawaslu di kemudian hari.

CPNS di lingkungan Bawaslu terdiri dari formasi Analis Pengawasan Pemilu, Penata Laporan Keuangan, Pengelola Administrasi Keuangan, dan Penata Komputer Penyelia. CPNS Bawaslu tersebut dalam waktu dekat akan ditempatkan di masing-masing biro. *** (hms/fs/sap)

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu