Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

Cegah Permasalahan Pilkada di Jateng, Bawaslu Jateng Adakan Media Gathering

Sab, 17/09/2016 - 09:17 -- falcao

Semarang, Badan Pengawas Pemilu – Bawaslu Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan media gathering Bawaslu dengan awak media, Jumat (16/9) di gedung kuliah bersama Universitas Islam Sultan Agung (UNISULA) Semarang. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Bawaslu RI Muhammad, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Abhan, bersama pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Teguh Purnomo dan Ibu Juhana, serta Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah Amir Machmud NS.

Abhan mengatakan, media gathering merupakan bentuk kerjasama Bawaslu Jateng dengan teman-teman wartawan sebagai mitra dalam rangka memberikan masukan jelang persiapan tujuh daerah di Jawa Tengah yang akan menggelar Pilkada 2017, dimana Bawaslu Jawa Tengah berharap dengan terselenggaranya acara ini persoalan-persoalan jelang pilkada 2017 di provinsi Jateng bisa dipetakan dan dicegah dengan baik.

"Hasil dari diskusi ini, diharapkan menjadi bahan evaluasi dalam pelaksanaan pengawasan Pilkada 2017 oleh Bawaslu Jateng hingga menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya," kata Abhan.

Ketua Bawaslu RI Muhammad menambahkan, bahwa ada lima syarat dan cita-cita dalam perspektif pemilu agar kualitas pemilu menjadi lebih baik dari sebelumnya, hingga terwujud secara baik yakni, mengutamakan kualitas proses dan hasil pilkada, penerimaan publik atau  masyarakat, pemimpin yang terpilih untuk mensejahterahkan rakyat serta regulasi pemilu atau pilkada yang baik.

Sebanyak tujuh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, akan  melaksanakan Pilkada serentak, diantaranya adalah  Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes.

"Lima syarat tersebut menjadi tugas kita bersama (Bawaslu dan Media). Oleh karena itu, Bawaslu berharap sinergi ini dapat terus dilaksanakan hingga akhirnya Pilkada yang lebih baik dapat diwujudkan," pungkas Muhammad.   

Untuk informasi, selain kegiatan Media Gathering Bawaslu Jateng, pada saat bersamaan Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jawa Tengah, Teguh Purnomo berhasil meraih gelar doktoral Ilmu Hukum lantaran mampu menuntaskan uji terbuka oleh beberapa guru besar di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang.

Penulis dan foto   : Nurisman

Editor    : Falcao