• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Terima Saran dan Masukan dari Akademisi

Suasana Kegiatan Bawaslu Mendengar Tahap ke IV di A One Hotel Jakarta Pusat, Senin (8/5)

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu - Setelah menggelar kegiatan Bawaslu Mendengar Tahap I, II, dan III, kini Bawaslu RI kembali menggelar kegiatan Bawaslu Mendengar Tahap ke IV dengan mengundang para Akademisi.

Sebelumnya, Bawaslu Mendengar Tahap I diselenggarakan dengan mengundang para mantan Komisoner/Pimpinan Bawaslu RI terdahulu dan media massa. Selanjutnya Bawaslu Mendengar Tahap Ke II dengan mengundang Partai Politik (parpol) dan Organisasi Masyarakat (Ormas). Kemudian Bawasu Mendengar Tahap Ke III  mengundang para pegiat Pemilu dan NGO. Kegiatan Bawaslu Mendengar ini bertujuan untuk mendengar pandangan, kritik, saran dan masukan dari semua pihak untuk proses perbaikan lembaga pengawas Pemilu ke depan.

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengatakan, kegiatan Bawaslu Mendengar ini diselenggarakan dengan harapan mendapatkan banyak masukan dari semua pihak terkait untuk menjadi bahan dalam merumuskan Rencana Strategis (Renstra) Bawaslu RI. “Bagaimana dan seperti apa jajaran pengawas Pemilu ke depannya, kami  mangharapkan masukan dan saran dari semua pihak," ujar Afifuddin saat memberikan sambutan pada kegiatan Bawaslu Mendengar Tahap ke IV di A One Hotel Jakarta, Senin (8/5)

Bawaslu RI memandang perlu mendengar masukan dari semua pihak untuk membangun komunikasi yang baik dengan stakeholder kepemiluan. Selain itu, menggali masukan dalam penyusunan program dan skala prioritas Bawaslu RI, menajamkan dan memperkuat misi Bawaslu, serta mengembangkan sistem perencanaan yang terbuka dan partisipatif.

Afif menyampaikan poin penting dalam diskusi Bawaslu Mendengar ini adalah apa tantangan terbesar bagi Bawaslu terhadap pelaksanaan Pilkada dan Pemilu mendatang. Selain itu, bagaimana Bawaslu RI meningkatkan kualitas sistem pengawasan dan penanganan pelanggaran Pemilu. "Juga bagaimana meningkatkan sistem pengawasan partisipatif salah satunya dengan pelibatan kampus dalam pengawasan Pemilu. Kita juga perlu memetakan bentuk kerja sama apa yang perlu ditingkatkan dengan para akademisi (kajian dan rekomendasi)," pungkasnya.

 

Penulis/Foto: Muhtar

Editor: Pratiwi

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu