• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Terima Masukan dari Pegiat Pemilu

Bogor, Badan Pengawas Pemilihan Umum- Ketua dan Anggota Bawaslu RI tengah menyusun rencana strategi pengawasan Pemilu untuk lima tahun ke depan. Untuk itu, Bawaslu mengadakan serangkaian kegiatan Bawaslu Mendengar sebagai bahan masukan untuk melakukan upaya-upaya perbaikan.

Di tahap ketiga rangkaian kegiatan Bawaslu Mendengar, Bawaslu mengundang sekitar 20-an lembaga swadaya masyarakat dan pegiat pemilu di Indonesia untuk memberikan penilaian terhadap pengawasan Pemilu yang sudah dilakukan Bawaslu sejak 2008.

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin menjelaskan, pada   forum   diskusi     Bawaslu   Mendengar    tahap  satu,   Bawaslu  mendengar   saran  dari  para Ketua dan Anggota Bawaslu periode sebelumnya serta para wartawan. Bawaslu Mendengar  tahap dua, Bawaslu mendengar saran dari DPD dan partai politik. Dan di tahap ketiga bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pegiat pemilu.

"Realitasnya, kami berhadapan dengan tugas pengawasan yang beririsan   sehingga  perlu  menata kelembagaan   dan  rencana  perbaikan   sistem pengawasan Pemilu,” ujar Afif di Hotel Amarosa Bogor, Jumat (5/5).

Ditambahkan Ketua  Bawaslu RI Abhan, jelang Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, banyak tugas pengawasan yang harus dihadapi Bawaslu. "Bagaimana strategi   pengawasan yang harus kami susun,   penanganan pelanggaran, hingga penindakan politik uang? Atau Perbawaslu ada yang perlu direvisi. Kami perlu sumbang saran dari teman-teman pegiat pemilu,” ujar Abhan.

Sebentar lagi, sambungnya, Bawaslu menghadapi tantangan pertama yaitu segera  membentuk tim seleksi di tingkat kabupaten/kota. Pada saat bersamaan, perlu merekrut pengawas di daerah-daerah yang tidak melaksanakan Pilkada namun perlu disiapkan untuk Pemilu 2019.  "Kami juga butuh masukan dalam hal rekrutmen ini," kata Abhan.

Sementara Sekretaris   Jenderal   Gunawan   Suswantoro   mendukung   kegiatan   Bawaslu   Mendengar   ini sebagai   upaya   koreksi   diri   atas   kinerja   pengawasan. "Kegiatan ini juga merupakan   titik   awal   untuk melaju ke depan karena keberhasilan berawal dari evaluasi dari apa yang telah kita kerjakan," pungkasnya.

Penulis/Foto: Anastasia
Editor: Pratiwi

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu