• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Siapkan Panduan Pengawasan Pemungutan Perhitungan Suara

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mempersiapkan Panduan Pengawasan Pemungutan dan Perhitungan Suara dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014. Persiapan tersebut dilakukan karena merupakan cara mengoptimalisasikan pengawasan pungut hitung dengan melibatkan Sekretariat Pengawas Pemilu dan Masyarakat.

"Kami di jajaran pengawas pemilu telah mempersiapkan langkah langkah cepat yang harus dipedomani dan dipersiapkan sebagai panduan pengawasan pungut hitung suara yang berfungsi sebagai antisipasi dugaan pelanggaran di TPS, PPS, PPK. Selain itu kami persiapkan Buku Panduan Teknis dan Video Turtorial Pengawasan Pemungutan dan Perhitungan Suara," ujarnya pada saat Rapat Dengar Pendapat di Gedung DPR RI, Kamis (3/7).

Muhammad menjelaskan, untuk mengimplemtasikan Buku Panduan, bahwa pihaknya sudah menyusun dan menyampaikan dan menginstruksi kepada seluruh jajaran Pengawas Pemilu ditingkat Provinsi dan Panwaslu Kabupaten dan Kota untuk melakukan pengawasan pada masa tenang, persiapan pelaksanaan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara, serta Rapat Pleno Rekapitulasi di PPS dan Penyerahan Kotak Suara dari PPS ke PPKsebagai persiapan pengawasan pemungutan dan perhitungan suara Pilpres.

Selain itu, lanjut Muhammad mengatakan sebagai bentuk pelaksanaan pengawasan pemungutan suara pihaknya juga memastikan agar mengawal proses penyampaian hasil pengawasan serta pelaksanaan supervisi secara berjenjang.

“Yang dilakukan oleh PPL agar menyampaikan laporan Pengawasan Rekapitulasi hasil perhitungan suaradi PPS serta penyerahan kotak suara dari PPS ke PPK dan ke Panwascam paling lambat sehari setelah pelaksanaan pleno Rekapitulasi di PPS,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR RI Agun Gunanjar mengatakan menjelang pemunggutan suara pemilih KPU dam Bawaslu diminta untuk mengingatkan para petugas penyelenggara pemilih Presiden dan Wakil Presiden baik di TPS, Desa , dan Kecamatanuntuk bekerja lebih jujur dan memotivasi sebagai pejuang-pejuang tegaknya dan tertibnya demokrasi.

Selain itu Agun juga meminta KPU dan Bawaslu melakukan koordinasi denga aparat pemeritah dan Polri di pusat maupun di daerahterkait langkah – langkah pengamanan dan dukungan pelaksanaan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang damai, jujur, dan adil.

 

Penulis  : Hendru Wijaya

Editor    : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu