• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Pastikan Pengawasan Pilpres 2014 Sukses

altJakarta, Badan Pengawas Pemilu– Untuk mengidentifikasi permasalahan dalam penyelenggaraan Pilpres 2014, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) melakukan konsolidasi data dengan Bawaslu Provinsi dalam rangka Pengawasan Distribusi Logistik, Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 di Jakarta, Senin (23/6).

 

Ketua Bawaslu Muhammad,  menyatakan bahwa pelaksanaan Pilpres 2014 tidak serumit pelaksanaan Pilpres 2009 ataupun Pileg 2014 yang lalu, namun Pengawas Pemilu tetap harus melakukan pengawasan secara optimal.

“Untuk distribusi logistik, hal yang terpenting adalah data. Pastikan berapa jumlah surat suara yang dicetak untuk provinsi bersangkutan, berapa yang sudah diterima dan bagaimana kondisinya,” jelas Muhammad.

“Jangan ragu meminta data terkait logistik ini ke KPU. Hal tersebut penting untuk mengantisipasi adanya gugatan terhadap persoalan surat suara ini dikemudian hari,” lanjutnya

Ketua Bawaslu RI tersebut juga kembali mengingatkan kepada seluruh jajaran pengawas pemilu untuk lebih totally melakukan perbaikan dalam fokus pengawasan Pilpres 2014 mendatang, serta menekankan integritas dan profesionalitas jajarannya menjadi hal yang sangat menentukan Pilpres 2014 berlangsung damai dan berintegritas.

“Selanjutnya, tahapan pungut hitung ini hal yang paling sentral, merupakan kesempatan bagi kita merubah penilaian pihak yang memberi rapor merah kepada kinerja Bawaslu. Kalau kita tidak maksimal dalam pengawasan pungut hitung maka akan ada potensi chaos, untuk itu kita harus lebih meningkatkan derajat dalam melakukan pengawasan dalam tahapan ini,” tambahnya

“Pertaruhan Pilpres 2014 sangat luar biasa karena hal ini menentukan bagaimana suksesi kepemimpinan nasional ini berlangsung dengan damai tanpa adanya situasi-situasi ekstrim. Satu suara akan sangat menentukan siapa yang terpilih nantinya”. Demikian Muhammad menutup sambutannya.

 

 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu