• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Papua Barat Award 2017, Apresiasi Pengawasan di Pilkada Paling Rawan

Sorong, Badan Pengawas Pemilu – Sebagai bentuk apresiasi atas kinerja jajaran Pengawas Pemilihan (panwaslih) pada Pilkada Papua Barat 2017 lalu, Bawaslu Provinsi Papua Barat menggelar Bawaslu Papua Barat Award 2017 di Kota Sorong Papua Barat, Minggu (30/4) malam.

Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat Ishak Waramori mengungkapkan, Bawaslu Papua Barat Award 2017 ini dimaksudkan untuk memberikan penghargaan dan penghormatan kepada jajaran Panwaslih Kabupaten/Kota, Panwas Distrik, Panitia Pengawas Lapangan, dan Pengawas TPS yang telah bekerja serius mengawal proses demokrasi di Provinsi Papua Barat Tahun 2017.

Ishak menambahkan, Bawaslu Provinsi Papua Barat tidak akan mampu bekerja maksimal jika tanpa dukungan dari pengawas pemilu tingkat bawah hingga pengawas TPS, serta dukungan kesekretariatan untuk melakukan pengawasan tahapan Pilkada Papua Barat 2017. Meski Indeks Kerawanan Pemilu 2017 yang dirilis Bawaslu RI, menempatkan Provinsi Papua Barat di tingkat paling rawan, namun dalam pelaksanaannya, Pilkada Papua Barat 2017 dapat berjalan dengan sukses.

“Kita telah mampu membalik fakta itu karena telah menjadi komitmen kita dari awal untuk membalikkan dari rawan satu menjadi aman satu,“ ujarnya.

Sementara itu, Anggota Bawalu RI Rahmat Bagja dalam sambutan pada acara yang juga dimaksudkan sebagai pembubaran Panwaslih Papua Barat 2017 tersebut, mengungkapkan apresiasi dan penghormatan kepada jajaran panwaslih Pilkada Papua Barat 2017.

“Teman-teman adalah garda terdepan dari Pengawas pemilu maka menjadi kebanggaan kami atas kinerja jajaran pengawas pemilu tingkat kabupaten/kota, distrik hingga pengawas TPS,” ungkapnya.

Sedangkan Sekreatris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro yang juga hadir menerangkan, jajaran Sekretariat Bawaslu Papua Barat juga telah berhasil membuktikan mampu mengelola dana hibah Pilkada Papua Barat 2017 dengan baik meski pencairan anggaran tersebut sangat terlambat dan paling akhir jika dibandingkan dengan Sekretariat Bawaslu Provinsi lain yang melaksanakan Pilkada Serentak Tahun 2017.

Gunawan juga mengatakan, meski Provinsi Papua Barat tidak ada lagi pemilihan pada Pilkada Serentak Tahun 2018 namun Gunawan mengundang kembali jajaran Panwaslih yang telah menunaikan tugas pengawasan pada Pilkada Papua Barat 2017 untuk bergabung lagi dengan jajaran Pengawas Pemilu dalam mengawal Pemilu 2019 di Provinsi Papua Barat.

“Harapan kami, Panwaslih yang sudah purna tugas ini, tetap yakinkan pada diri, keluarga, dan masyarakat untuk membangun kesadaran pengawasan Pemilu partisipatif,” tutupnya.

Adapun kategori dan pemenang Bawaslu Papua Barat Award 2017, antara lain Pengawasan Terbaik Tingkat Kabupaten/Kota diraih oleh Panwaslih Kabupaten Pegunungan Arfak, Pengawasan Terbaik Tingkat Distrik diraih Distrik Matemani, PPL Terbaik diraih Gerson Saway, Penyelesaian Sengketa Terbaik diraih oleh Panwaslih Kota Sorong, Gakkumdu Terbaik oleh Panwaslih Kabupaten Sorong sedang Pengelolaan Dana Hibah Terbaik diraih Panwaslih Kabupaten Raja Ampat.

Penulis/Foto : Muhammad Zain

Editor : Pratiwi

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu