• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Minta Prioritaskan Perpres Mitra PPL

Jakarta, Awaslupadu.Com - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nelson Simanjuntak menegaskan pentingnya Mitra Panitia Pengawas Lapangan (Mitra PPL) untuk mengantisipasi tingginya kecurangan saat proses pemungutan suara. "Kami akan desak pemerintah untuk segera mengeluarkan Peraturan Presiden tentang Anggaran Mitra PPL. Perpres harusnya sudah bisa keluar awal Maret,”

Jika Perpres keluar awal Maret, Bawaslu tidak kesulitan mencari orang untuk direkrut menjadi mitra PPL. Karena menurut Nelson perekrutan mitra PPL yang kompeten tidak bisa dalam waktu singkat. Permintaan anggaran sudah diajukan kepada pemerintah bersama dengan tenaga Linmas oleh KPU. Pembahasannya sejak 2013 untuk diajukan dalam rencana APBN 2014. "Mitra PPL ini kan penting untuk mengantisipasi tingginya kecurangan saat proses pemungutan suara”.

Terkait teknis Mitra PPL, terangnya, akan dibicarakan dengan Komisi Pemilihan Umum yang diperlukan agar Mitra PPL bertugas dengan baik. Mitra PPL tersebut bertugas penuh untuk pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden dengan anggaran sebesar Rp. 800 miliar. Mitra PPL bertugas sejak H-1 dari mengecek logistik di TPS hingga H+1 mengawal sampai diterima Panitia Pemungutan Suara.

Pihaknya berharap pembahasan Perpres tentang Anggaran Mitra PPL dan Linmas tidak terpengaruh oleh polemik tentang anggaran dana saksi parpol. Bawaslu dengan tegas menyatakan tidak mau mendistribusikan dana saksi parpol.

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu