• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Hadiri Peluncuran Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018

Ketua serta Anggota KPU RI, Ketua Bawaslu RI, Abhan, Asops Mabes Polri Irjen Pol Unggung Cahyono, dan Wassintel TNI AD Brigjen Andjar Wiraatma memukul alat perkusi sebagai tanda peluncuran Tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Serentak Tahun 2018 yang akan digelar di 17 Provinsi, 39 Kota dan 15 Kabupaten, Jakarta, Rabu (14/6) di Ruang Sidang Utama Gedung KPU RI. Peluncuran Tahapan Pilkada 2018 ini diharapkan dapat meneguhkan semangat bersama untuk menjadikan pelaksanaan Pilkada Tahun 2018 lebih baik.

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu- Bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung KPU RI, Jl. Imam Bonjol Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/6), KPU RI resmi meluncurkan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Serentak tahun 2018. Ketua Bawaslu RI Abhan, Dirjen Otonomi Daerah Sonni Sumarsono, Wassintel TNI AD Brigjen Andjar Wiraatma, serta Asops Mabes Polri Irjen Pol Unggung Cahyono yang turut hadir dalam peluncuran Tahapan Pilkada 2018 turut memukul perkusi bersama Ketua dan Anggota KPU RI sebagai tanda diluncurkannya Tahapan Pilkada 2018.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, banyak sekali tantangan di Pilkada yang akan digelar di 17 Provinsi, 39 Kota, dan 115 Kabupaten itu.  Salah satunya adalah persiapan untuk menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

 "Pilkada Tahun 2018 ini ada di tengah-tengah tahapannya karena beririsan dengan tahapan Pileg dan Pilpres. Jadi pekerjaan kita dobel. Bukan hanya KPU, Bawaslu, Pemerintah, maupun TNI/Polri, melainkan Parpol juga," ucap Arief usai meluncurkan tahapan Pilkada tahun 2018 secara resmi.

Sebagaimana dengan Peraturan KPU Nomor 1 tahun 2017, tahapan Pilkada Tahun 2018 dimulai dengan perencanaan program dan anggaran. Kemudian dilakukan pembentukan PPK, PPS, dan KPPS. Untuk pemutakhiran daftar pemilih sudah dilakukan dari Oktober 2017.

Untuk pengumuman pendaftaran calon dilakukan mulai 1-8 Januari 2018. Kemudian penetapannya 12 Februari 2018. Masa kampanye 15 Februari hingga 23 Juni 2018. Kemudian pada 27 Juni 2018 dilakukan pencoblosan. Dengan diresmikannya tahapan pilkada secara nasional, Arief berharap seluruh daerah yang melaksanakan Pilkada dapat bekerja sama, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan Pilkada 2018.

“Mudah-mudahan dengan launching ini semakin meneguhkan semangat  kita semua untuk membuat Pilkada kita lebih baik. Dengan bekerja bersama-sama, semoga hasilnya jauh lebih baik,” pungkasnya.

Penulis/Foto: Nurisman 

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu