• English
  • Bahasa Indonesia

Bawaslu Gelar Rakornas Perkuat Koordinasi Pengawasan Pemilu 2019

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum -  Untuk memperkuat koordinasi   terkait pengawasan Pemilu 2019 dari pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota, Bawaslu RI menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dengan tema ‘Pemantapan Jajaran Aparatur Pengawas dalam Mengawal dan Mengawasi Pemilu 2019, di Jakarta, Senin (10/12/2018).

Rakornas ini diharapkan mampu mewujudkan Pemilu 2019 secara serentak berlangsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil serta menghasilkan Pemilu yang demokratis, kata Abhan saat menyampaikan sambutan dalam Rakornas tersebut.

“Intinya Rakornas ini digelar untuk menyongsong pelaksanaan Pemilu supaya berlangsung luber dan jurdil sesuai tagline Bawaslu, mewujudkan Pemilu yang berintegritas. Dan diperkuat dari sisi koordinasi,” jelas Abhan.

Disisi lain, lanjut Abhan, Bawaslu juga telah melahirkan sebuah indeks kerawanan Pemilu (IKP) sebagai acuan jajaran Bawaslu dan pihak luar untuk mendeteksi dini kerawanan Pemilu.

Selain itu, Abhan menyampaikan jumlah penanganan pelanggaran sampai sejauh ini. Ia mengatakan Bawaslu sudah menangani setidaknya 1.247 temuan dan laporan yang terdiri dari 916 temuan, dan 331 laporan. Menurut Abhan, jumlah temuan lebih dominan dari jumlah laporan, dan hal tersebut menandakan kerja Bawaslu nyata.

“Ini saya sampaikan dihadapan semua pihak yang hadir atas pencapaian jajaran Bawaslu dalam menangani jumlah temuan dan laporan pelanggaran. Tentunya jajaran Bawaslu akan terus bertugas di lapangan dalam mengawal dan mengawasi tahapan Pemilu dengan salah satunya mendapatkan adanya temuan, serta berharap masyarakat juga aktif melaporkan jika adan pelanggaran Pemilu yang dilakukan peserta Pemilu 2019,” tegas Abhan.

Rakornas ini dihadiri Wakil Presiden Republik Indonesia, M. Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Anggota Bawaslu RI, Sekjen Bawaslu, Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi se-indonesia, Ketua Bawaslu kabupaten/kota seluruh Indonesia, perwakilan Partai Politik peserta Pemilu 2019, perwakilan Tim pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor urut 01 dan 02, dan para tokoh lintas Agama.

Foto: Nurisman

Share

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Selasa, 16 Oktober 2018 - 08:30 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 15 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Minggu, 14 Oktober 2018 - 09:00 WIB
Tempat :
Papua
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 09:30 WIB
Tempat :
Ruang. VidCon, Mabes POLRI
Waktu:
Senin, 8 Oktober 2018 - 14:00 WIB
Tempat :
Ruang Sidang Bawaslu RI

Video Bawaslu

Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019
Harapan Tokoh Lintas Agama untuk PEMILU 2019