Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia

Berita Terkini

Senin, 5 Desember 2016 10:18 WIB

Bandung, Badan Pengawas Pemilu – Dalam rangka meningkatkan kontrol kinerja Bawaslu provinsi guna mewujudkan penyelenggaraan pengawasan Pilkada yang efektif, efisien, akuntabel, profesional, dan harmonis, Bawaslu RI menggelar Rapat Kerja Penilaian Kinerja Bawaslu Provinsi dalam Penyelenggaraan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2015 di Bandung, Jumat (2/12) hingga Minggu (4/12).

 

Minggu, 4 Desember 2016 23:08 WIB

Jogyakarta, Badan Pengawas Pemilu – Menindaklanjuti penandatangan peraturan bersama (MoU) Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) Bawaslu RI, Kejaksaan Agung serta Mabes Polri dalam bentuk peraturan bersama pada tanggal 21 November lalu, Badan Pengawas Pemilu RI kembali menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Gakkumdu dengan tujuan penyamaan persepsi terkait fungsi Sentra Penegakan Hukum Terpadu dalam tindak pidana pemilihan penanganan Tindak Pidana Pemilu pada Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota tahun 2017 di Jogjakar

Sabtu, 3 Desember 2016 14:22 WIB

Kotawaringin Barat, Badan Pengawas Pemilu - Lima pasangan calon (Paslon) sepakat menandatangani pakta integritas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat Tahun 2017. Selain menandatangani pakta integritas, paslon juga menyatakan diri siap menang, siap kalah dan siap menerima hasil pilbup.

 

Selasa, 29 November 2016 11:39 WIB

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Bawaslu RI melaksanakan upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) yang jatuh pada hari ini, Selasa (29/11) di halaman parkir gedung Bawaslu RI.  

 

Upacara diikuti jajaran pejabat struktural, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Non PNS di lingkungan Sekretariat Jenderal Bawaslu. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro.

Selasa, 29 November 2016 10:25 WIB

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Dalam rangka mengetahui situasi Pilkada terkini, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) melaksanakan Focus Grup Discussion (FGD) tentang Pemantauan Pemenuhan Hak Kosntitusional Warga Negara dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2017.

 

FGD yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 3 Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (28/11) ini dihadiri Prof Muhammad (Ketua Bawaslu RI), Ida Budhiati (Pimpinan KPU RI), dan Brigjen Pol Bambang Usadi (Kadivkum Mabes Polri) selaku pembicara.

 

Senin, 28 November 2016 17:22 WIB

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Sebagai bentuk komitmen Bawaslu dalam menjaga dan merawat arsip, Bawaslu menyerahkan arsip statis berupa Peraturan Bawaslu sepanjang tahun 2016 ke Arsip Nasional RI (ANRI). Penyerahan arsip ini diserahkan langsung oleh Ketua Bawaslu RI Muhammad kepada Kepala ANRI Mustari Irawan di Gedung Bawaslu, Senin (28/11). Penyerahan ini juga disertai dengan penyerahan putusan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu dari DKPP ke ANRI.

 

Senin, 28 November 2016 00:11 WIB

Yogyakarta, Badan Pengawas Pemilu – Pimpinan Bawaslu RI, Nasrullah menekankan faktor integritas penyelenggara dan pengawas pemilu merupakan kunci penentu keberhasilan pemilihan.

Sabtu, 26 November 2016 10:13 WIB

Landak, Badan Pengawas Pemilu – Jelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Landak Tahun 2017, Bawaslu menggelar Sosialisasi Tatap Muka Kepada Stakeholder dan Masyarakat di Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (25/11).

 

Jumat, 25 November 2016 17:39 WIB

Flores Timur, Badan Pengawas Pemilu – Bawaslu kembali menggelar Sosialisasi Tatap Muka Kepada Stakeholders dan Masyarakat. Kali ini di Flores Timur Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (22/11). Dalam kesempatan tersebut, hadir Ketua Bawaslu RI Muhammad, Anggota Komisi II DPR RI Arteria Dahlan, Ketua Bawaslu NTT, elemen dari pemerintah daerah, tokoh masyarakat setempat, serta empat dari enam pasangan calon yang akan memperebutkan kursi Bupati Flores Timur.

Kamis, 24 November 2016 14:54 WIB

Bogor, Badan Pengawas Pemilu – Menindaklanjuti penandatanganan Peraturan Bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) pada 21 November silam, Badan Pengawas Pemilu menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penanganan Tindak Pidana Pemilu pada Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2017 atau Rakernis Sentra Gakkumdu di Bogor, Jawa Barat. Pimpinan Bawaslu RI, Nelson Simanjuntak berharap penyempurnaan aturan yang ada, membuat Sentra Gakkumdu efektif.

Halaman