Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu

Berita Terkini

  • Minggu, 18 Juni 2017 13:19 WIB

    Medan, Badan Pengawas Pemilu – Jelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara atau biasa disebut Pilgubsu Tahun 2018, yang tahapannya dimulai pada bulan September mendatang  bersamaan dengan 17 Provinsi dan 381 Kabuapten/Kota lainnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara menggelar Focus Group Discussion (FGD) Aspek Hukum Penanganan Pelanggaran secara Terstruktur, Sistematis dan Masif (TSM) di Medan, Jumat (16/6/2017).

     

  • Minggu, 18 Juni 2017 09:46 WIB

    Lombok, Badan Pengawas Pemilu - Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) sebagai salah satu payung hukum pelaksanaan tugas dan fungsi jajaran Bawaslu dalam melakukan pengawasan Pemilu, perlu disesuaikan dengan perkembangan dinamika kepemiluan agar dapat diimplementasikan secara efektif. Hal tersebut dikatakan Anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar dalam Rapat Koordinasi Nasional Bidang Hukum Evaluasi Peraturan Bawaslu Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, di Lombok, Sabtu (17/6).

  • Sabtu, 17 Juni 2017 09:15 WIB

    Bogor, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu RI) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (BMN) Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi seluruh Indonesia, di Hotel Savero Bogor, Jawa Barat, Jumat (16/6/2017).

  • Sabtu, 17 Juni 2017 08:15 WIB

    Denpasar, Badan Pengawas Pemilu – Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) menegaskan proses rekrutmen anggota Bawaslu Provinsi dan Panwas Kabupaten/Kota harus bebas dari unsur gratifikasi. Tahapan seleksi harus dipastikan berjalan dengan terbuka, akuntabel dan profesional.

     

  • Jumat, 16 Juni 2017 09:23 WIB

     

     

    Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Maraknya pelanggaran kampanye pada Pemilihan Kepala Daerah menjadi catatan Penyelenggara Pemilu, baik Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) maupun Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menurut Anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin, pelanggaran kampanye pada pilkada kemarin modenya bermacam-macam, mulai dari penggunaan isu Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan (SARA), maupun kampanye di tempat ibadah dan keikutsertaan Aparatur Sipil Negara dalam mengkampanyekan calon tertentu.

     

  • Jumat, 16 Juni 2017 02:10 WIB

    Bali, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan, untuk menjadi Anggota Bawaslu Provinsi setidaknya harus memiliki integritas, profesionalitas, dan independensi. Menurut Abhan, tidak mudah untuk mendapatkan Anggota Bawaslu Provinsi seperti itu sehingga Tim Seleksi (Timsel) Bawaslu Provinsi mempunyai tugas yang berat.

  • Kamis, 15 Juni 2017 00:58 WIB

    Depok, Badan Pengawas Pemilu- Bawaslu kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) Desain Pusat Pengawasan Pemilu Partisipatif tahap II guna memperkuat program pelibatan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu dalam rangka persiapan Pilkada tahun 2018.

    Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin selaku Koordinator Divisi Sosialisasi dan Pengawasan menyatakan, pengembangan pengawasan dalam Pilkada tahun depan akan membutuhkan kerja keras yangmana pengawas Pemilu harus mampu menjadi penghubung banyak aktifitas dan komunitas Pemilu.

  • Rabu, 14 Juni 2017 23:51 WIB

    Bali, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan,  sukses tidaknya pelaksanaan Pilkada dipengaruhi setidaknya  tiga komponen penting yaitu penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu), Pemerintah Daerah (Pemda), dan masyarakat itu sendiri. Menurutnya, masyarakat  punya peranan yang besar untuk menentukan nasib provinsi ke depan karena masyarakatlah yang mempunyai hak pilih dan menentukan siapa pemimpinnya.

  • Rabu, 14 Juni 2017 20:32 WIB

     

     

  • Rabu, 14 Juni 2017 19:50 WIB

    Jakarta, Badan Pengawas Pemilu- Bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung KPU RI, Jl. Imam Bonjol Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/6), KPU RI resmi meluncurkan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Serentak tahun 2018. Ketua Bawaslu RI Abhan, Dirjen Otonomi Daerah Sonni Sumarsono, Wassintel TNI AD Brigjen Andjar Wiraatma, serta Asops Mabes Polri Irjen Pol Unggung Cahyono yang turut hadir dalam peluncuran Tahapan Pilkada 2018 turut memukul perkusi bersama Ketua dan Anggota KPU RI sebagai tanda diluncurkannya Tahapan Pilkada 2018.

Halaman