Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia

Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia

Berita Terkini

Senin, 20 Februari 2017 14:01 WIB

Tangerang, Badan Pengawas Pemilu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2017 di 15 tempat pemungutan suara (TPS) Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Minggu (19/2).

 

Sabtu, 18 Februari 2017 02:27 WIB

Takalar, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Bawaslu RI Prof. Muhammad dan Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah bersama anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan melakukan supervisi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Takalar tahun 2017. Rombongan berkunjung ke kantor Panwaslu Kabupaten Takalar dalam rangka memantau langsung proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan, Jumat (17/2).

 

Jumat, 17 Februari 2017 17:59 WIB

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Satu hari pasca pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di 7 Provinsi dan 94 kabupaten/kota gelombang II yang jatuh pada 15 Februari 2017, Bawaslu RI  menggelar konferensi pers terkait temuan pelanggaran yang terjadi pada hari H Pilkada tersebut, Kamis (16/2), di Media Centre Bawaslu RI.

Jumat, 17 Februari 2017 15:00 WIB

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Adanya permasalahan saat pemungutan suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jakarta menjadi sorotan bagi Bawaslu RI. Pasca Pilkada, Pimpinan Bawaslu RI Nasrullah langsung melakukan supervisi ke beberapa TPS yang diindikasi adanya pelanggaran oleh masyarakat.

 

Kamis, 16 Februari 2017 10:43 WIB

Boalemo, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo, Ketua Panwas Boalemo, bersama jajaran dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Kepolisian Daerah Boalemo, dan Kejaksaan Tinggi Boalemo, melakukan supervisi langsung ke beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo, Rabu (15/2). Boalemo menjadi salah satu daerah yang disorot oleh penyelenggara setempat disebabkan rawan terjadinya konflik.

 

Kamis, 16 Februari 2017 09:39 WIB

Pati, Badan Pengawas Pemilu - Pimpinan Bawaslu Endang Wihdatiningtyas hadir memantau langsung pengawasan Pilkada Tahun 2017 di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Rabu (15/2). Untuk Pati, selain Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi Jawa Tengah juga memandang perlu memberi perhatian lebih ke Kabupaten Pati. Pertama karena di Kabupaten Pati hanya ada calon tunggal yaitu pasangan calon Haryanto dan Saiful Arifin, dan kedua ada elemen masyarakat yang mendorong atau mengkampanyekan agar sebagian masyarakat mau memilih  kotak (kolom) kosong.

 

Rabu, 15 Februari 2017 21:53 WIB

Aceh Besar, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten Aceh Besar Mizan Muhammad, bersama Kapolres Aceh Besar AKBP Heru Suprihasto, Ketua Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Besar Cut Agus Fathillah, dan Komisioner Komisi Independen Pemilihan Aceh Fauziah melakukan mediasi terhadap saksi pasangan calon yang melakukan protes.

Rabu, 15 Februari 2017 19:07 WIB

Manokwari, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Pimpinan Bawaslu RI Nelson Simanjuntak memantau secara langsung pelaksanaan tahapan pemungutan dan rekapitulasi suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Manokwari, Papua Barat. Hal tersebut didasari terkait ditetapkannya Papua Barat sebagai urutan pertama Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang disusun oleh Bawaslu RI.

 

Selasa, 14 Februari 2017 19:14 WIB

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Ketua Bawaslu RI, Muhammad, memastikan pengawas Pemilu ditempatkan di semua TPS pada Pilkada Tahun 2017. Panwas akan memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS berjalan sesuai aturan dan bebas dari kecurangan.

 

Selasa, 14 Februari 2017 12:37 WIB

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Dalam rangka menginformasikan tentang perjalanan demokrasi, Pemilu, dan pengawasan Pemilu melalui tayangan televisi, dan mendekatkan Bawaslu dengan masyarakat, Bawaslu RI meluncurkan Bawaslu TV di Gedung Bawaslu, Lantai 4, Jakarta Pusat, Senin (13/2). Bawaslu TV juga diharapkan dapat meningkatkan keterbukaan informasi publik sehingga pengawasan Pemilu semakin transparan dan akuntabel.

 

Halaman