• English
  • Bahasa Indonesia

Kecurangan Masih Banyak, Penyelenggara Diminta Perbaiki Kinerja

alt

Jakarta , Badan Pengawas Pemilu– Anggota Kelompok Kerja Nasional (Pokjanas) Toto Sugianto  menilai banyaknya pelanggaran  menjadi permasalahan oleh penyelenggara Pemilu. Menurutnya Hal menjadi hambatan penyelenggara dalam proses Pemilu yang sedang berjalan.

 

“Hal ini menjadi penting karena masih banyak praktik money politics, jual beli suara, sampai penyelenggara mengakomodir praktik kecurangan tersebut. Pengawas Pemilu merupakan menjadi faktor penting untuk yang harus diselesaikan, demi lahirnya calon pemimpin yang berintegritas kedepan,” ujarnya pada saat diskusi KJPP di Gedung Bawaslu RI, Jumat (9/6).

Menurut Toto, pengawasan di tingkat bawah yang belum optimalmerupakan salah satu kendala yang harus diperbaiki. Ia menyakini banyaknya  kasus pelanggaran di daerah yang terjadi masih perlu adanya perbaikan kualitas penyelenggara Pemilu kedepan.

“Salah satu pemicu terhambatnya proses dalam Rekapitulasi penghitungan Nasional adalah kurang maksimalnya pengawasanyang dilakukan oleh penyelenggara sehinggaberdampak tingkatan nasional. Ini perlu adanya evaluasi,” ujarnya

Lanjut Toto, penyelenggara Pemilu di tingkat bawah yang memiliki masalah dan berkontribusi atas terkendalanya rekapitulasi nasional juga harus dievaluasi dan diperbaiki. Jangan sampai kinerja mereka yang buruk tetap dipertahankan dan menjadi masalah baru pada Pemilu Presiden mendatang.

"Penyelenggara tidak bisa pangku tangan akan masalah tersebut, ini menjadi catatan bersama terutama penyelenggara ditingkat bawah," pungkasnya

Selain itu, toto menilai fungsi pengawasan yang dilakukan dari para penyelenggara dalam menseleksipara calon anggota dewan berperanpenting dalam menentukan kualitas kepemimpinan kedepan. Menurutnya lembaga pengawas,khususnya Bawaslu adalah lembaga filterisasi dari lahirnya para pemimpin yang beritegritas.

 

Penulis                  : Hendru Wijaya

Editor                    : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Agenda Bawaslu

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu