• English
  • Bahasa Indonesia

Masyarakat Antusias Pantau Pemilu 2014

Jakarta, Badan Pengawas Pemilu – Warga Masyarakat Indonesia di Jakarta Selatan sangat antusias ingin mengetahui informasi tentang mekanisme pelaporan apabila terjadi pelanggaran ketika Pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal 9 Juli 2014 mendatang, sebab selain warga bisa menggunakan hak suaranya namun bisa mengawasi pelaksanaanya di lapangan.

“Kami sangat membutuhkan petunjuk ketika pemungutan suara pada saat hari “H” pengitungan suara nanti. Siapa tau ada pelanggaran, kan nanti kita bisa laporkan,” ujar Haryono salah satu warga yang berkerja di kios bilangan Jakarta Selatan Blok M, Senin (7/7)

Haryono mengaku dengan adanya pembagian buku “Cara Mudah Masyarakat Pantau Pilpres 2014” sangat penting untuk mengetahui informasi yang ada didalam buku saku tentang tatacara berisi panduan mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilu 2014 di TPS.

“Kalau ada buku ini kan kita bisa jadi tahu, seharusnya informasi ini juga di sosialisasikan sebelumnya jadi saya dan masyarakat lain bisa mengetahui apabila ada gelagat yang mencurigakan dari oknum Penyelenggara ataupun dari tim sukses yang berada di TPS,” ujarnya

Sebelumnya, Haryono mengetahui banyak modus modus dari oknum masyarakat maupun penyelenggara yang melakukan bentuk berbagai macam pelanggaran, namun terbentur minimnya informasi tentang prosedur atau tatacara pelaporan karena kurangnya sosialisasi kerap penyelenggara disalahkan oleh permasalahan tersebut.

“Saya pernah melihat banyak pelanggaran di TPS yang saya pernah lihat, karena saya kurang pengetahuan tentang tatacara pelaporan akhirnya saya hanya bisa diam saja, padahal ada panitia yang mengawasi,” ujarnya

Haryono menambahkan Bawaslu dimana tugas dan fungsinya sebagai pengawas seharusnya bertindak cepat terkait pelanggaran yang kerap dilakukan, banyak modus-modus yang dipakai untuk menghalalkan segara cara untuk mencederai demokrasi, oleh karena itu penyelenggara dalam hal ini Bawaslu harus bersikap tegas apabila terjadi pelanggaran terutama pada hal pengawasan dilapangan.

“Bawaslukan tugasnya mengawasi, seharusnya bisa mengatasi dan mendindak apabila terjadi pelangaran itu sudah tugasnya Bawaslu,” tambahnya.

Seperti diketahui, pembagian buku saku “Cara Mudah Masyarakat Pantau Pilpres 2014” merupakan jendela informasi yang diharapkan dapat menjadi panduan serta petunjuk bagi masyarakat dalam mengawasi pelaksanaan tahapan pemilu di maing-masing daerah. Karena banyak modus–modus pelanggaran yang kemungkinan terjadi dalam Pilpres, diharapkan buku ini bisa membuat masyarakat lebih berpartisipasi dalam mengawasi  berbagai macam bentuk pelanggaran. Selain itu masyarakat diajak untuk terlibat berpartisipasi dalam Pilpres 2014, karena Pemilu merupakan hajatan bersama dinilai penting untuk menggunakan hak pilihnya untuk menentukan calon pemimpin kedepan yang lebih baik.

 

Penulis/foto  : Hendru Wijaya/Irwan

Editor            : Falcao Silaban

Share

Informasi Publik

 

Regulasi

 

Pendaftaran Pemantau

 

Forum

 

SIGAPLapor

 

 

Whistleblowing System

 

Helpdesk Keuangan

 

SIPS

 

SAKIP

 

Sipeka Bawaslu

 

SIPP Bawaslu

 

Simpeg Bawaslu

Si Jari Hubal Bawaslu

 

 

 

 

Video Bawaslu

newSIPS 2019
newSIPS 2019

Mars Bawaslu

Mars Pengawas PEMILU +text
Mars Pengawas PEMILU +text

Zona Integritas Bawaslu